Target Market Tepat, Omzet Meroket!!

Bisnis apa yang bagus? Rasanya bukan pertanyaan dari orang yang serius untuk memulai bisnisnya. Saya coba menjawabnya ditulisan ini

Kali ini saya ingin coba membahas menentukan target market. Karena ternyata menentukan target market tidak lah sesederhana seperti umunya yang kita bayangkan.

mydigitalph.com

mydigitalph.com

Sebagai contoh, ketika kita menjual busana muslimah seharga 500ribu. Siapa target marketnya? Hampir dipastikan jawabannya adalah ‘Cewek, yang berkerudung’. Kalau pertanyaannya diteruskan ‘lalu?’ Kebanyakan akan bingung menjawabnya. ‘Kok lalu? Ya namanya juga busana muslimah pasti jual ke cewek.

Dengan jawaban sebatas itu, akan kebayang kalau penjualan tidak akan optimal dan tidak efektif. Hal yang tepat adalah, menentukan target market terlebih dahulu. Mencari sasaran kepada siapa kita akan menjual sebuah produk. Sehingga kita bisa melihat, apa sih yang mereka butuhkan?

Tentukan target market sedetail-detailnya, contoh:

  • Wanita
  • Beragama Islam
  • Tinggal di Jakarta, Bandung, Surabaya, Makassar, Medan (Kota-kota besar)
  • Usia mulai dari 23 – 40 tahun
  • Single atau menikah
  • Punya penghasilan minimal 5juta
  • Merk Gadget yang digunakan samsung, sonny, apple

Lebih kurang seperti itu. Dari point-point berikut barulah mencari produk yang kira-kira mereka butuhkan. Misal tadi busana muslimah. Lalu busana muslimah yang seperti apa? Bisa saya katakan, target market seperti itu ingin produk yang berkualitas. Tidak mempermasalahkan harga. Jadi pilihlah produk yang benar-benar berkualitas, fashionable, packaging bagus.

Alternatif produk lain, karena kita sudah mengetahui siapa yang akan menjadi sasaran bisa juga menjual produk kosmetik halal yang berkualitas.

Dengan target market yang sangat jelas, kita juga bisa menentukan promosi seperti apa yang efektif. Sehingga biaya promosi tidak terbuang begitu saja. Promosi akan bisa diukur dengan baik apa bila kita pun bisa menentukan target market dengan baik.

*Ada tambahan, silahkan tulis dikolom komentar ya :)

(Visited 107 times, 1 visits today)

5 thoughts on “Target Market Tepat, Omzet Meroket!!

    1. arief Post author

      Yuk, segera buka bisnis kk. Entah itu sambil kuliah, sambil kerja, seorang istri yang dsteran pun bisnis bisa tetap jalan :)

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *