Bisnis Apa Yang Bagus?

‘Gue pengen deh punya bisnis, tapi bisnis/usaha apa ya yang bagus?’

Sering mendengar pertanyaan seperti itu? Atau malah anda sendiri yang pernah atau bahkan sering menanyakan pertanyaan tersebut. Hehe

Beberapa pengusaha sukses menjawab ‘Bisnis yang paling bagus adalah yang segera dibuka, bukan ditanyakan terus menerus’ Ini jawaban menurut saya jleb banget dan masuk akal banget. Sayangnya, masih banyak yang menjawab ‘tapi kan ga punya modal, tapi kan anu, tapi kan bla bla bla’. Jujur saya sendiri pernah berada pada step ini. Diakui secara jujur atau tidak, alasan tersebut hanyalah sebagai bentuk ketidak seriusan kita untuk memang punya sebuah usaha. Karena toh sekarang informasi sangat teramat gampang didapat. Kalau masih nanya cari info di mana, kebangetan deh. Punya hp canggih, bisa akses internet masih mengajukan pertanyaan seperti itu? Tinggal search di Mbah Google. Hanya dengan menggunakan smart phone saja, sebuah bisnis sudah bisa jalan, saat ini!! Mulai cara mencari produk tanpa modal, bagaimana memasarkan tanpa modal, dan bisa menghasilkan. Alhamdulillah, saya sudah membuktikannya.

uangteman.com

uangteman.com

Yang menjadi permasalahannya adalah, kebanyakan dari kita malas mencari dan membaca informasi. Terlalu kebanyak ketakutan yang sudah diduga-duga padahal belum tentu akan terjadi. Terlalu banyak memikirkan halangan yang sebenarnya bisa diatasi perlahan-lahan. Terlalu idealis memikirkan sebuah usaha yang langsung punya sistem yang WAH dan karyawan, padahal sadar modal NOL. Kalau jualan online, cari barangnya dimana? Saya kan ga punya rekening bank. Kalau buka pecel ayam/lele siapa yang masak? Kalau ga enak gimana? Kalau buka bengkel motor, nanti gaji karywannya berapa? Lah terus saya dapat apa?

Menurut saya hal yang harus disadari adalah, pertama, setiap bisnis tentu memiliki kesulitan dan masalahnya masing-masing. Bahkan yang terlihat menggiurkan dan gampang sekalipun. Jadi, bagaimana kita menahan diri, untuk tetap bisa fokus dengan usaha yang sedang kita tekuni. Kalau kata mas J lebih kurang, ‘Rumput tetangga terlihat lebih hijau padahal sintetis. Suami tetangga terlihat lebih macho padahal satpamnya’

Yang kedua, jangan terlalu takut dengan banyaknya pemain (kompetitor). Ketika suatu produk banyak yang menjual, artinya kebutuhan market akan produk akan tersebut hampir pasti juga banyak. jadi jangan takut ga kebagian ‘kue’ nya. Tentu perlu mempelajari lebih detail, langkah-langkag agar kita tidak tersingkir dari persaingan :)

Jadi, menurut kamu usaha apa yang bagus? :)

(Visited 152 times, 1 visits today)

6 thoughts on “Bisnis Apa Yang Bagus?

  1. Nurri

    Untuk sekarang, usaha yang bagus adalah usaha deketin dia dulu. *Lohh.. Huaahhaah

    Oke, terima kasih (lagi) karief…
    Tulisan ini seperti menjadi kunci untuk membuka ruang pikiran yang kosong.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *